Month: March 2012

Yang Unik dan Yang Asyik di Makassar

Karebosi Link

Sebenernya tulisan-tulisan saya tentang Makassar ini adalah lanjutan dari tulisan yang terdahulu, karena memang apa yang ada di kepala saya belum semuanya dituangkan ke dalam tulisan, padahal kunjungan saya ke Makassar kira-kira sudah hampir enam bulan yang lalu. Penyebabnya ada beberapa hal sih, selain kesibukan pekerjaan yang luar biasa, faktor lain yang menyebabkan tulisan saya tentang Makassar ini terhenti adalah karena kamera kakak saya (yang waktu itu juga pergi ke Makassar bareng), hilang dijambret orang di Bali, tepat sebelum kembali ke Darwin, Australia. Jadi ya..sedih deh karna foto-foto kami hilang.. 😦

(more…)

Advertisements

Salamakki Battu Ri Mangkasara

Bicara tentang provinsi Sulawesi Selatan tentu nggak lepas dari ibukotanya, yaitu Makassar. Dan ketika terdengar kata ‘Makassar’, apa yang langsung terbayang di pikiran anda? Pantai Losari kah? atau coto khas Makassar yang terkenal itu? atau malah dua-duanya? apapun pilihan anda, yang jelas setelah berkunjung ke Makassar awal September kemarin, saya jadi tahu, kalau ternyata Makassar punya banyak hal yang unik dan Menarik disamping Pantai Losari dan makanan tradisionalnya, coto Makassar. 🙂

(more…)

Hidangan Serba Jeruk Nipis di Makassar

photo by google

Bicara soal kuliner di kota Makassar, Sulawesi Selatan, pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya coto, sop konro, serta seafood. Siapa sih yang enggak kenal coto Makassar? hidangan tradisional khas Makassar ini bisa dibilang istimewa bagi mereka penggemar jeroan sapi, disamping Konro yang juga dibuat dari iga sapi. Restoran coto-konro sudah banyak sih di pulau Jawa, tapi tentu rasanya beda dengan coto di tempat aslinya. Selain dua hidangan tersebut, Makassar juga terkenal akan hidangan seafood. Bahkan beberapa teman saya yang asli Makassar bilang kalau seafoodnya Makassar ini lain daripada yang lain. Selain harganya yang relatif murah, seafood Makassar, terutama ikan bakarnya, rasanya jauh lebih enak daripada ikan bakar yang ada di Jawa. wow!

(more…)

Lima Barang Penting yang Melengkapi Traveling

photo by google

Tulisan ini sebenarnya saya dedikasikan untuk traveler-traveler perempuan seperti saya, tapi buat cowok-cowok yang mau ikutan baca nggak ada salahnya kok. Kenapa? karena biasanya perempuan itu lebih ribet daripada laki-laki, dalam hal apapun, termasuk traveling. Bener nggak sih? hehe.. buat mereka yang udah expert sih, pasti udah biasa. Mungkin malah bawa seadanya aja, yang penting berangkat dulu. Istilahnya Light Traveler, alias bawa seadanya, secukup ranselnya, trus berangkat deh.

(more…)

Meriahnya Perayaan Ulang Tahun ke dua DotSemarang

photo by @wa_tayux

Buat yang belum tahu, DotSemarang adalah komunitas bloggernya detik dot com atau blogdetik yang ada di Semarang. Anggotanya terdiri dari sekumpulan anak anak muda yang kayaknya masih mahasiswa semua ya kayak aku.. hehe.. tapi jangan salahh..mereka ini walaupun masih muda tapi semangat dan perjuangannya patut diacungi jempol lho.. kecil kecil cabe rawit gitu deh.. 🙂

(more…)

Yang unik dan yang asik di Bali

Krisna

Adalah nama tempat atau toko pusat oleh-oleh di Bali. Tercatat ada 4 cabang yang tersebar di seluruh Bali, tapi saya lebih suka datang ke Krisna di jln Tuban, karena disitu satu-satunya yang buka 24 jam.

Kenapa Krisna? Karena hampir semua jenis oleh-oleh khas Bali ada di situ. Dari mulai kaos, sarung pantai, sandal, perlengkapan spa, tas-tas rajutan, pernak-pernik dan asesoris termasuk udeng dan kalung-kalung buat cewe-cewe, sampai makanan kecil seperti  pie susu, kacang disko, kopi Bali, semua deh! Harganya terjangkau banget. Buat yang punya banyak ‘pesanan’ oleh oleh dari kerabatnya, boleh coba dateng Ke Krisna, tempatnya gede dan luas, full AC juga, jadi nggak masalah kalau harus berlama-lama disana. selengkapnya di www.krisnabali.co.id .

(more…)

‘Tebing’ Beach

Pantai ke dua belas. Nama aslinya nggak tahu. Hehehe.. tapi si mbak dan teman-temannya selalu menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Tebing. Lokasinya di daerah Jimbaran, turun sedikit. Kami menuju pantai ini dengan naik motor, ngebut. Langsung dari pantai Pandawa. Ngebut karena kami kejar-kejaran sama sunset, takut keburu gelap banget, karena lagi-lagi jalan menuju pantai ini jauh dan berliku, dengan pohon-pohon tinggi di samping kiri-kanan jalan, nyaris tanpa penerangan jalan satupun. Huhuhu..

(more…)

Pandawa Beach

photo by Ardini Rochmaningsih a.k.a. si Mbak

Hari terakhir sebelum pulang, tepat hari minggu, saya diajak kakak ke pantai yang ke sebelas. Dengan sisa-sisa tenaga yang saya punya, saya akhirnya pergi mencari pantai itu, berdua saja sama kakak, naik motor, siang siang.. hahaha..

Tempatnya masih di daerah atas Bali, dari GWK, naik lagi ke uluwatu, sisanya saya manut petunjuk kakak. Melewati jalan berliku yang sepi dan ditumbuhi pohon-pohon besar nan hijau, sampai akhirnya bertemu dengan pemandangan yang membuat saya melongo, kagum; Deretan batu kapur yang kokoh dan menjulang tinggi. Mirip-mirip bebatuan tinggi yang di GWK itu deh.

(more…)

Seminyak Beach

Pantai ke sepuluh. Tadinya sih niatnya mau jalan-jalan ke sepanjang Oberoy.. tulisannya bener nggak ya.. jadi semacam jalan Legian di Kuta gitu, bedanya, toko-toko di sini lebih elit dan berkelas katanya. Tapi berhubung nggak nemu something interesting, plus emang saya nggak doyan belanja, jadi ya ujung-ujungnya Cuma lewat tok, eh, malah nemu pantai, ya sudah, kebetulan..

(more…)