Nusa Lembongan (5) :Snorkeling Bareng Parrot Fish

bawa roti buat kasih makan parrot fish 🙂

Pagi-pagi banget kami sudah dapat sms dari manajemen hotel ; nanti berangkat snukkling dan keliling hutan mangrop jam 10 setelah brekpost. Maksudnya, nanti berangkat snorkeling dan keliling hutan mangrove jam 10 setelah breakfast. Hihi.. orang orang deket pantai di Nusa Lembongan memang jago banget pake bahasa inggris, karena memang sehari hari mereka ketemu dan ngobrol sama orang asing, tapi ya itu, seringnya mereka nggak tahu gimana penulisannya. Ga papa deh, yang penting paham dan pengucapannya benar. 🙂

Kami diantar ke tempat kapten PJ (baca : Pi-Jey ), di restonya yang dia kelola bersama istri. Dengam membayar Rp. 100.000,- per orang, kami mendapat pinjaman alat snorkeling lengkap, termasuk pelampung dan kaki katak. Wow.. sudah nggak sabar!

kapal pak PJ yang akan membawa kami ke tengah laut

Spot Snorkeling kami yang pertama adalah di nusa Penida. Begitu diberitahu pak PJ kalau kedalaman airnya sekitar 10-15 meter, nyali saya langsung ciut. Apalagi kalau ingat pengalaman snorkeling pertama saya yang gagal total di Makassar dulu. Doh, piye iki.. tapi masa iya batal nyebur.. sayangg kannn..

sesaat sebelum nyemplung, aslinya takut.. tapi sok cool.

Untungnya saya punya partner yang bisa diandalkan, walaupun belum pernah lihat dia berenang secara langsung, minimal badan gedenya cukup kuat untuk digondheli.. hehe.. bahasa Indonesia nya digondheli apa ya tuips.. dipegangi gitu lah.. harapan terakhir, ya percaya aja ga bakal tenggelam, kan udah pake pelampung.

Setelah baca Al-Fatihah, akhirnya saya nyebur.. byur.. langsung pegangan kenceng gitu sama si partner.. haha.. norak banget ya.. setelah menyesuaikan diri beberapa detik, akhirnya saya berani juga ber-snorkeling ria, uhuiiii.. asekkk banget, walaupun tetep pegangan tangan sih..hihi.. sayangnya, saya nggak punya kamera canggih yang bisa tahan air. Jadi silakan dibayangkan sendiri ya, asyiknya bersnorkeling di tengah lautan luas, Cuma berdua, melihat pemandangan bawah laut yang keren.

Setelah puas snorkeling di dekat nusa penida, pak PJ memanggil kami dan menyuruh kami buru-buru naik ke kapal. Arus air nya udah mulai kenceng katanya, bahaya. Ouh, oukei.

di tengah laut di bawah mendung yang menggelayut

Pak PJ membawa kami ke spot snorkeling kedua, lebih ke tengah lagi, ke tempat yang arusnya lebih tenang. Sebelum nyebur, beliau bilang ‘ oh ya, di sini banyak parrot fish, siap siap pijat refleksi yah.. hahahaha’ glek! Cobaan apa lagi ini Tuhan. Saya yang takut setengah mati, spontan nanya-nanya hal gak penting gitu ‘ ikannya gigit ya pak ? sakit nggak? Serem nggak?’, dengan santai pak PJ jawab ‘ ah nggak, ikannya baik kok, saya sering kok nyelam di sini, nggak nggigit, hanya saja ketika kamu turun nanti, parrot fish itu akan ngerubungin kamu, trus rame-rame ngikutin kemana kamu pergi’ bukannya tambah tenang, saya justru tambah panik.

Belum juga ilang rasa takut akan parrot fish, pak PJ udah nambahin aja, ‘ nih saya bawa roti, nanti buat kasih makan parrot fish, tinggal ditaruh aja di tangan kamu, nanti mereka ngrubungin, coba ya saya lempar ke air’, sepersekian detik setelah remah roti dilempar… hap hap hap.. gesit banget tuh ikan-ikan parrotnya makan. Huhuhu.. tolong.. saya belum nikah..*eh*

Lagi-lagi saya nggak mau nyebur duluan. Hehe.. saya nyuruh partner saya nyebur dulu, trus diem di air beberapa menit, untuk ngeliat apa yang terjadi. Setelah yakin nggak ada apa-apa, saya baru nyebur. Dan bener aja, beberapa detik setelah nyebur.. kawanan parrot fish itu langsung nyerbu, ada yang di kaki, di badan, di muka.. dohh.. parrot fish, jangan nakal ya..

snorkeling nan mengasyikkan itu dimulai lagi. Subhanallah, indah banget pemandangan bawah lautnya. 🙂

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s