Derawan : Water Cottage yang Menyenangkan

penginapan menghadap laut

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, perjalanan saya menuju Derawan adalah perjalanan yang penuh perjuangan banget. Dari Semarang ke Jogja, Jogja transit Balikpapan, lanjut ke Tarakan, sambung naik speedboat selama 3 jam menuju Derawan. Sampai teler semua. Buat yang penasaran kayak apa suasana di speedboatnya, berikut ini ada video singkat yang diambil dari instagram kakak saya. Speedboat saya adalah speedboat di samping itu. πŸ˜€

Ketika speedboat sudah benar-benar berlabuh, tantangan selanjutnya adalah naik sambil membawa barang bawaan (semua peserta disarankan untuk tidak membawa koper dan dianjurkan untuk membawa ransel saja, sekarang saya tau kenapa) dari speedboat yang masih terguncang2 terkena gelombang, ke atas dermaga, dengan keadaan yang masih teler dan mual. Perfect. Mencoba buat berdiri saja rasanya setengah mati.. hahahaha! Nggak terlupakan banget pokoknyah! πŸ˜€

Akhirnya saya bisa juga naik ke dermaga.

Saya menyempatkan untuk melihat suasana di sekeliling.

derawan1

That was so amazing

Saya beruntung, karena mendapat kamar dengan view menghadap laut lepas. Penginapan kami benar-benar dibangun di atas air, mirip seperti rumah-rumah panggung yang tinggi. Pemandangannya indah. Air di bawah kami warnanya kehijauan dan bening sekali. Begitu beningnya sampai terlihat pasir putih di dasarnya. Ikan-ikan kecil berenang riang kesana kemari. Sesekali, Penyu-penyu besar lewat dan muncul ke permukaan seolah memberi salam.

turtles

Hai cantik..

Waktu setempat menunjukkan pukul 5 sore. Almost sunset. Sayangnya mendung masih terlihat menggantung. Tapi, hal itu tidak menghalangi kami untuk jalan keliling pulau.

Setelah menaruh ransel-ransel besar di kamar, kami berjalan keliling pulau, melewati kampung kecil yang tenang. Melewati kelompok-kelompok warga yang sedang bersantai di depan rumah. Anak-anak kecil tampak bahagia berlarian kesana kemari.

Kami menemukan pantai dengan dermaga-dermaga panjang yang sepertinya memang khas banget di pulau ini. Suasana sekitar tampak ramai. Ada yang duduk-duduk, motret-motret, bernarsis ria, dan lain-lain. Kami lebih tertarik mendekati anak-anak penduduk setempat yang sedang asyik memancing. Mereka bercerita, setiap sore mereka memancing ikan untuk dijual. Tak ada muka sedih. Semuanya bahagia. Melihat kami membawa kamera, mereka minta difoto.

Derawan9

Derawan6

D20

Derawan8

Keceriaan mereka itu priceless banget

Surya tenggelam. Malam pekat mulai datang menggantikan. Kami yang merasa sangat lapar karna hanya sempat sarapan mie instan di bandara Jogja, memutuskan untuk mampir ke warung soto di sekitar kampung. Entah karena beneran enak atau karna kelaparan, Semangkuk soto dan segelas teh panas petang itu terasa amat nikmat. Dunia kembali terang. πŸ˜€

Kampung Derawan yang tenang mendadak β€˜bangun’ seperti vampire yang aktif ketika tak ada cahaya matahari. Warung-warung makan berjajar sepanjang jalan. Sepeda-sepeda yang disewakan tampak berlalu lalang dikendarai orang-orang.

Hmmm.. 😐

Kami kembali ke sekitar penginapan untuk makan malam. Ya, kami makan lagi. πŸ˜€

Di sela-sela makan, mas pemandu tour memberitahukan acara untuk besok paginya. Jadwal kami adalah snorkeling di tengah laut, mampir ke pulau pasir, dan snorkeling di dekat pulau Derawan. Setelah makan, kami kembali ke penginapan.

Suasana di penginapan kami mendadak syahdu (tsaah). Hanya ada suara2 orang berbicara, angin yang berhembus, suara gelombang air, serta suara2 badan kapal yang menghantam pelan kayu-kayu dermaga karena diguncang gelombang 2 kecil. Tak ada suara mesin kendaraan, tak ada suara klakson. Tenang sekali.

Sepertinya kami akan tidur nyenyak malam ini.