Flores Trip : Pulau Kanawa dan Berjuta Romantika di Dalamnya

Setelah menginap semalam di Labuan Bajo, kami berangkat menuju sebuah pulau bernama pulau Kanawa. Pulau yang namanya masih terasa asing di telinga saya. Tapi pasti ada sesuatu yang menarik di sana sampai-sampai di Labuan Bajo ada kantor khusus yang menyediakan jasa tour Kanawa. Kami berangkat dari Kanawa Tour Office setelah jam makan siang. Naik Kapal bersama sekitar belasan orang lainnya yang 99% di antaranya adalah WNA. Nggakpapa, tetep seru kok, dapet kenalan baru juga. 🙂 .

Kami sampai di dermaga pulau Kanawa disambut dengan gerimis yang lumayan deras (?) dan disambut dengan sapaan hangat ; “Selamat datang di Kanawaaaa..”.

Ah, apalah arti gerimis kecil jika sudah mendapat sapaan sehangat ini.

Saya pun langsung gerak cepat ambil kamera dan jepret sana-sini saking excited nya. Rasanya pengen mengabadikan setiap sudut pulau yang tampak fotogenik. Saking semangatnya, sampai-sampai saya lupa kalo lagi gerimis. Jadi ya..beginilah hasil fotonya. Hehehe!

DSC06792

DSC06793

DSC06795

dermaga1

selfie*abaikan yang pakai kaos ijo*

Tempat penginapan di Pulau Kanawa adalah semacam bungalow yang “back to nature” banget alias seadanya. Dibangun dari bambu-bambu, tanpa tv, tanpa AC, tanpa listrik dan.. tanpa sinyal!! Whew!! Air tawar untuk bersih-bersih badan pun dibatasi. Hanya air asin yang diberikan Cuma-Cuma dan tak terbatas. Saya sempet bete ketika menghadapi “kenyataan” tersebut. Trus gimana ini caranya kalo mau telpon pacar? *halah*

Sempet bete. Tapi lalu saya mikir lagi. Hey, why don’t you just put your phone away and enjoy your holiday?

Akhirnya, saya bener-bener menyimpan handphone di tas di dalam kamar dan pergi keluar bungalow hanya membawa kamera. Hey, pemandangannya bagus juga. 🙂 Pasirnya putih, airnya jernih. Ikan2 terlihat jelas, dikelilingi bukit2 cantik. Such a heavenly view.

Bungalow(s)

bungalow

20141208072727

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas tadi, bungalow tempat kami menginap selama 3 hari adalah bungalow yang back to nature banget. Literally. Dibangun dari bambu2, listrik hanya ada dari jam 6 sore sampai jam 11 malam saja dengan daya yang terbatas. Ngga ada Tv, apalagi AC. Hanya lubang-lubang angin kecil di atap sebagai jalan masuk angin. Ngga ada alat-alat mandi, jadi kalau anda berencana berkunjung ke pulau ini, jangan lupa bawa peralatan lengkap ya! Hehehe! 😀

DSC06932

Daily Routine

Selain leyeh-leyeh dan main air di pantai, hal-hal yang bisa anda lakukan di pulau kanawa antara lain: ikutan tour ke pulau-pulau terdekat dan ambil paket diving. Pulau-pulau terdekat yang saya maksud adalah Pulau Rinca, Pulau Komodo, Pink Beach, dan lain-lain dengan bonus snorkeling di beberapa spot.

Satu lagi, anda bisa mendaki bukit di belakang penginapan dan melihat view Pulau Kanawa dari puncak tertingginya. Seru ya? Iya!

kanawa trek

DSC06995

uphill kanawa

Daily routine lain ketika hari sudah beranjak sore adalah : mengisi daya baterai semua gadget! Hahaha!

Kanawa Tree

Romantika yang saya sebut di judul tulisan ini adalah tentang love affair saya sama sebuah pohon di pulau Kanawa. Iya, pohon. I love you, hon!

Menurut cerita yang saya dengar secara sama-samar dari abang yang mengawal tour kami ke pulau RInca, Pulau Kanawa dinamakan demikian karena di pulau tersebut ada pohon Kanawa, yang letaknya di dekat dermaga, dan hanya tinggal beberapa saja jumlahnya.

Saya lalu teringat sama dua pohon cantik yang sempat saya foto di sore hari, ketika perpaduan warna antara daun, pasir, air dan langit tampak begitu indah. Not sure apakah pohon tersebut yang dimaksud sama si abang, yang jelas, saya suka sekali duduk berlama-lama memandangi pohon tersebut. Kadang tiduran di bawahnya, kadang memandangnya dari jauh. Saya memang terlalu mudah jatuh cinta. Sama awan, sama langit, sama pantai, dan kali ini, sama pohon.

DSC06970

DSC06969

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips dari saya untuk anda yang mempunyai rencana untuk berkunjung ke Pulau Kanawa:

  1. Bawa uang tunai yang cukup (baca : banyak). Karena anda akan membutuhkannya untuk membeli makanan dan minuman, ikut tour pulau2, dan juga diving bagi yang tertarik. Jangan sampai anda kehabisan uang karena di sana nggak ada ATM, apalagi bank!
  2. Bawalah alas kaki yang nyaman khusus buat trekking dan mendaki bukit.
  3. Bawalah buku bacaan. Karena mungkin akan ada waktu-waktu di mana anda benar-benar mati gaya, terlalu capek untuk kemana mana, dan gadget anda tidak bisa banyak membantu.

kanawa tree lampSore hari di Kanawa, di depan satu-satunya restoran yang ada.

Kegiatan yang saya lakukan selama 3 hari di Kanawa ini antara lain; Trekking sambil lihat Komodo di Pulau Rinca, snorkeling sama Manta cantik, dan juga ambil paket diving yang mendebarkan dan seru. Cerita lengkapnya, tunggu di tulisan berikutnya ya! 😉

11 comments

  1. Goodness gracious, the tree, clouds, and sky surely a splendid combination. What a lovely and peaceful place, and I may think that I won’t need anything else if I spend my holiday there, because when God has offered much more than I could think, what else will I ask Him?

    And I do love the purple-ish dawn. Gosh, the color!

    (Lha kok jadi sok inggris begini saya ya? Intinya saya suka pulaunya! Btw, di daerah Sumbawa juga ada pulau yang namanya sama-sama Kenawa, ya?)

  2. akupun….jatuh cinta dengan kecantikan flores….seandainya indah ada waktu lebih, coba overland flores…pasti tambah jatuh cinta

  3. Hai mbak.. pertama kali jatuh cinta sama kanawa mungkin waktu nonton rectoverso.. bahkan waktu itu belum tau kanawa 😂
    Boleh tau ittinerary nya kah mb? Pingin banget kesana tp masih nabung dulu.. pengen tau budgetnya.. aku belum baca postingan mbak yg lain sih, siapa tau udah ngepost ittinerary hehe.. anyway, salam kenal!

    1. Halo, untuk bisa mencapai Kanawa, saya lewat Labuan Bajo dulu dan kemudian naik kapal lagi ke pulau Kanawa. Untuk budget nanti bisa disesuaikan sendiri, yang penting, cari-cari info dulu harga tiket pesawat ke Labuan Bajo dari tempat kamu berangkat, syukur2 bisa dapat promo jadi budgetnya bisa dipangkas lagi. selamat berburu! 😉

  4. hai mbak pulang dari flores lewat jalur darat pastikan mampir ke lombok ya, karena lombok menyuguhkan tempat-tempat wisata indah yang tidak kalah keren dengan flores,,
    salam kenal

Leave a Reply

