Jawa

Main Air di Curug Lawe

124919

Jika anda berdomisili di sekitar Semarang atau kebetulan sedang mampir di Semarang , mungkin tempat berikut ini bisa dijadikan pilihan untuk “kabur” sejenak dari panasnya udara Semarang atau untuk sekadar keluar sebentar dari rutinitas dan hiruk pikuk lalu lintas kota; melihat pohon-pohon hijau dan main air dingin! Wiiiw!

(more…)

Ullen Sentalu : Mengenal Budaya Jawa Lebih Dekat

ullen sentalu 1

Jogja. Sebuah kota yang di mata sebagian besar orang terasa istimewa. Begitu istimewanya sampai beberapa musisi ikut mengabadikannya dalam lagu-lagu mereka. Budayanya, suasananya, makanan khasnya, tempat-tempat wisatanya, penduduknya yang ramah, semuanya seakan mempunyai daya tarik seperti magnet yang mampu membuat siapapun ingin selalu kembali “pulang” ke Jogja. Yang setuju angkat tangan!

(more…)

Piknik Seru di Curug Sewu

DSC06402

Halo! Ternyata udah lama ya nggak posting cerita jalan-jalan sejak pulang dari Derawan. Saya memang belum kemana-mana lagi setelah bulan April. Paling cuma ke kota-kota tetangga plus keliling Semarang dan sekitarnya yang saya rasa nggak perlu ditulis di blog karena biasa-biasa saja. Padahal nulis cerita jalan-jalan di kota tempat tinggal kita sendiri itu sebenernya seru juga lho. Ibarat sebuah benda di dalam rumah, mungkin kita menganggapnya terlalu biasa dan nggak perlu diceritakan ke banyak orang hanya karena barang tersebut sudah berada di situ selama bertahun-tahun, di tempat yang sama, dan kita lihat setiap hari. Tapi kalau mau ditelusuri dan digali lagi, sebuah benda lama di dalam rumah bisa jadi punya banyak cerita. Dari mulai cara mendapatkannya, sampai alasan kenapa benda tersebut di tempatkan di sudut itu.

(more…)

Wajib Dicoba : Sate Klathak Pak Bari, Jogja

DSC00426

Berkunjung ke suatu daerah atau kota, nggak lengkap rasanya kalau nggak mencicipi makanan khasnya. Biasanya, semakin khas dan enak suatu makanan di sebuah daerah, lokasinya semakin jauh dari keramaian kota dan tempatnya semakin sederhana.

Jogja. Siapa yang tidak jatuh cinta kepadanya? Hampir tak ada. Pesonanya yang kuat terlalu erat mengikat kaki-kaki para pengunjungnya untuk datang dan mampir kembali ke kota ini. Untuk kembali pulang, untuk merasakan kentalnya budaya dan adat yang dipamerkan di setiap sudut kotanya, atau untuk sekedar mencari hal-hal lain yang berasal dari daerah yang istimewa ini. Contohnya : Gudeg.

(more…)

Lima Jam di Wonosobo Part II : Kawah Sikidang

kawah

Setelah puas menghirup udara sejuk, nonton film dan ngemil-ngemil cantik di kawasan Dieng Plateau Theater (DPT), saya dan rombongan keluarga melanjutkan perjalanan ke tujuan kedua; Kawah Sikidang. Oh ya, ketika sampai di DPT, kami membeli tiket terusan yang bisa dipakai untuk mengunjungi beberapa tempat sekaligus seperti DPT itu sendiri, Kawah Sikidang, dan Telaga Warna Dieng. Jadi, cukup sekali bayar saja.

Dieng yang memang dingin semakin terasa dingin karena awan mendung tiba-tiba muncul berarak bagai selimut tebal yang dalam sekejap menutup langit dan mulai menjatuhkan titik-titik hujan pertamanya. Kedatangan kami ke kawah Sikidang disambut gerimis rintik.

(more…)

Menelusuri Jejak Laksamana Tiongkok di Kuil Sam Poo Kong Semarang

sampookong depan

Bercerita tentang pengalaman traveling ke banyak daerah tetapi tidak menceritakan daerah tempat tinggal sendiri rasanya kurang afdol ya..hehehe.. setelah menulis tentang Lawang Sewu, sekarang saya akan menulis tentang Kuil (atau biasa disebut Klenteng) Sam Poo Kong Semarang. Ada apa aja di sana?

(more…)

Berkunjung Ke Bandung

Gedung Sate Bandung (sumber: wisatanesia.com)

Kalau disuruh milih antara traveling sendiri atau pakai tour, tentu saja saya akan memilih traveling sendiri. Kenapa? Selain budgetnya lebih sedikit, saya juga lebih bebas mengeksplor tempat tujuan wisata tanpa harus menunggu peserta tour yang lain, bebas berlama-lama di tempat yang saya suka tanpa terbatas waktu, dan sebaliknya, bisa langsung pergi  jika berada di tempat yang saya kurang suka. Sayangnya pada kesempatan perjalanan saya ke Bandung akhir Oktober lalu, saya terpaksa harus ikut tour, karena kunjungannya sendiri adalah dalam misi khusus dari kampus tempat saya kuliah (yaya, saya belum lulus 😐  ). Jadi ibarat pepatah, sambil menyelam minum air, tapi sedikit.  Sambil KKL sambil jalan-jalan, tapi cuma sebentar. Gapapalah ya! 😀

(more…)

Seribu Cerita di Lawang Sewu

Judulnya lebay ya? hehe..biarin, abisnya ternyata di blog ini belum ada satupun cerita tentang Semarang, durhaka banget ya aku.. hihihi..oke, cerita tentang Semarang akan saya mulai dari Lawang Sewu. Lawang artinya Pintu, sewu artinya seribu. Jadi dalam bahasa Indonesia, Lawang Sewu artinya Seribu Pintu. Kenapa disebut pintu seribu? kenapa selalu diidentikkan dengan kesan horor? ada apa gerangan? *halah*

(more…)

Meriahnya Perayaan Ulang Tahun ke dua DotSemarang

photo by @wa_tayux

Buat yang belum tahu, DotSemarang adalah komunitas bloggernya detik dot com atau blogdetik yang ada di Semarang. Anggotanya terdiri dari sekumpulan anak anak muda yang kayaknya masih mahasiswa semua ya kayak aku.. hehe.. tapi jangan salahh..mereka ini walaupun masih muda tapi semangat dan perjuangannya patut diacungi jempol lho.. kecil kecil cabe rawit gitu deh.. 🙂

(more…)