Sulawesi

Yang Unik dan Yang Asyik di Makassar

Karebosi Link

Sebenernya tulisan-tulisan saya tentang Makassar ini adalah lanjutan dari tulisan yang terdahulu, karena memang apa yang ada di kepala saya belum semuanya dituangkan ke dalam tulisan, padahal kunjungan saya ke Makassar kira-kira sudah hampir enam bulan yang lalu. Penyebabnya ada beberapa hal sih, selain kesibukan pekerjaan yang luar biasa, faktor lain yang menyebabkan tulisan saya tentang Makassar ini terhenti adalah karena kamera kakak saya (yang waktu itu juga pergi ke Makassar bareng), hilang dijambret orang di Bali, tepat sebelum kembali ke Darwin, Australia. Jadi ya..sedih deh karna foto-foto kami hilang.. 😦

(more…)

Salamakki Battu Ri Mangkasara

Bicara tentang provinsi Sulawesi Selatan tentu nggak lepas dari ibukotanya, yaitu Makassar. Dan ketika terdengar kata ‘Makassar’, apa yang langsung terbayang di pikiran anda? Pantai Losari kah? atau coto khas Makassar yang terkenal itu? atau malah dua-duanya? apapun pilihan anda, yang jelas setelah berkunjung ke Makassar awal September kemarin, saya jadi tahu, kalau ternyata Makassar punya banyak hal yang unik dan Menarik disamping Pantai Losari dan makanan tradisionalnya, coto Makassar. 🙂

(more…)

Hidangan Serba Jeruk Nipis di Makassar

photo by google

Bicara soal kuliner di kota Makassar, Sulawesi Selatan, pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya coto, sop konro, serta seafood. Siapa sih yang enggak kenal coto Makassar? hidangan tradisional khas Makassar ini bisa dibilang istimewa bagi mereka penggemar jeroan sapi, disamping Konro yang juga dibuat dari iga sapi. Restoran coto-konro sudah banyak sih di pulau Jawa, tapi tentu rasanya beda dengan coto di tempat aslinya. Selain dua hidangan tersebut, Makassar juga terkenal akan hidangan seafood. Bahkan beberapa teman saya yang asli Makassar bilang kalau seafoodnya Makassar ini lain daripada yang lain. Selain harganya yang relatif murah, seafood Makassar, terutama ikan bakarnya, rasanya jauh lebih enak daripada ikan bakar yang ada di Jawa. wow!

(more…)

Makassar Trip – Part 7 : Snorkeling Perdana di Pulau Milik Pribadi

Kodingareng Keke *

Demi sebuah Pulau tak berpenghuni bernama Kodingareng Keke, saya dan kakak-kakak rela bangun jam setengah tujuh pagi dalam keadaan mata masih pedes skala 8 dari 10 dan badan masih seperti melayang karena baru tidur beberapa jam. Keadaan itupun bertambah parah karena tau-tau Daeng Ipul sudah sms aja gitu dengan cueknya bilang sudah nunggu di lobby bareng Nadaa.. Jadilah kami bertiga jumpalitan kesana kemari menyiapkan semuanya. Dan anehnya, semua barang mendadak hilang alias susah dicari.. dompetnya kemana, sunblocknya kemana, celananya kemana.. *eh* hahaha.. kesiangan parah!
(more…)

Makassar Trip – Part 5 : Soto, dan Pantai Losari di Pagi Hari

Saking ngebetnya saya pingin foto di tulisan ‘Pantai Losari’, saya sampai bela-belain bangun pagi-pagi jam 7 (eits,di Semarang kan masih jam 6.. :-p ) cuma buat dateng ke Losari…cuma buat foto..duh.. niat banget ya..hahaha..

Setelah mandi sekenanya, kami buru-buru jalan ke pantai..untungnya ga begitu jauh, jadi ngga masalah jalan kaki walopun belum sarapan. Sesampainya di sana.. asikkkk… Pantainya sepi.. jadi saya bebas deh foto dimanapun. Pagi hari memang waktu yang tepat untuk foto-foto di Pantai Losari karna masih sepi, tapi anda harus tahan sama sengatan sinar matahari, soalnya pantai ini memang lokasinya persis menghadap arah matahari terbit.

(more…)

Makassar Trip – Part 4 : Tragedi Trekking Malam-malam

Judul postingannya udah kayak judul film horor aja nih, Mbandah 😀 . Ceritanya sesampai di hotel dekat Losari, ngga berapa lama setelah leyeh-leyeh, saya ditelpon sama Daeng Ipul , (teman saya di komunitas Anging Mammiri) yang menawarkan diri untuk menemani saya dan kakak-kakak saya jalan-jalan keliling kota. Tanpa banyak mikir dan tanpa mandi, saya langsung aja menerima ajakan Daeng Ipul..hehehe..
(more…)